Berbagi ilmu seputar dunia blogging, seo dan bisnis online

Sunday

Pengertian dan Kegunaan SEO

Pengertian dan Kegunaan SEO - Halo apa kabar semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Seperti biasa kali ini saya kan kembali membahas tentang teknik seo, walaupun saya bukan ahli di bidang ini tapi semoga saja ini bisa membantu sahabat semuanya. Sebenarnya tujuan utama saya membuat blog ini hanya untuk belajar sendiri saja, tapi kalau bisa bermanfaat untuk banyak orang itu lebih baik.

Pengertian dan Kegunaan SEO

Jadi mohon maaf ya... kalau masih banyak kurangnya karena adminnya sendiri juga masih belajar ^^.

Topik yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai pengertian apa itu seo? dan mengapa kita harus menguasai seo? dan apa tujuan seo? sebenarnya itu adalah pertanyaan saya pribadi saat pertama mendengar istilah SEO.

Baca juga: Sumber Pengunjung Blog Anda

Semua yang saya tulis ini adalah hasil perburuan saya dari internet, dengan mengandalkan bantuan si mbah Google.

Seo adalah kepanjangan dari search engine optimization atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan Optimasi Mesin Pencari, adalah segala tindakan dan upaya sistematis untuk menigkatkan kunjungan pada suatu blog/Website dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain sebagai sasaran target pengunjung utamanya. Nah, begitulah kira-kira definisinya.

Search engine atau mesin pencari adalah situs yang sering digunakan oleh semua orang di seluruh dunia untuk menemukan informasi dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu untuk mengetikkan kata kunci di kolom pencarian dan hasil pencarian pun akan segera muncul yang jumlahnya bisa mencapai jutaan, yang muncul di hasil pencarian Google, Yahoo, Bing juga yang lainnya.

Secara logika pastilah blog atau pun website yang muncul di halaman pertama akan mendapatkan kemungkinan lebih besar untuk di klik oleh pengunjung, dan peluangnya akan semakin kecil di halaman-halaman selanjutnya. Jadi jika blog kalian bisa tampil di halaman pertama Google maka semakin besar pula kesempatan blog sahabat akan kebanjiran pengunjung.

Walau begitu kalian juga harus tahu bahwa, pengunjung itu tidak hanya datang dari mesin pencari saja, melainkan juga dari sumber lainnya misalnya media sosial, direct dan referral. Tetapi memang harus diakui kalau pengunjung yang datang dari mesin pencari itu lebih banyak, dibandingkan dengan sumber lainnya. Satu lagi kelebihannya yaitu pengunjung yang datang dari mesin pencari sifatnya lebih stabil, benar-benar membutuhkan informasi, juga lebih tertarget.

Lalu, kenapa harus menggunakan SEO? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau teknik seo lebih menguntungkan untuk meningkatkan traffic dibandingkan dengan sumber traffic yang lain. Tujuan Optimasi seo adalah untuk meningkatkan visitor/pengunjug bagi blog/wbsite, dan meningkatkan jumlah penjualan suatu produk atau barang bagi toko online, yang dilakukan dengan cara menempatkan blog pada posisi teratas mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang ditargetkan.

Selain Seo ada juga istilah SEM (search engine marketng). SEM sendiri digunakan oleh orang untuk memasarkan produk blog maupun website  di hasil pencarian mesin pencari. SEM berbentuk iklan berbayar yang akan muncul di hasil pencarian utamanya mesin pencari, dan juga di bawah hasil pencarian. Yang membuatnya berbeda dengan seo adalah jika seo adalah hasil pencarian oraganik dan gratis, Sedangkan SEM sebaliknya yaitu pencarian berbayar (dengan cara pasang iklan di google adwords).

Sekian dulu yah.. yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini sampai jumpa di artikel selanjutnya...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan sesuai topik.

Popular Posts

Blog Archive

My Friends