Berbagi ilmu seputar dunia blogging, seo dan bisnis online

Saturday

Kegiatan Rutin Bulanan Seorang Blogger

Apa Sih Kegiatan Rutin Bulanan Seorang Blogger? - Jawaban setiap blogger pasti berbeda-beda untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Karena tujuan setiap orang untuk ngeblog pastinya beda-beda, dan hal inilah yang harus kita pahami.

Kegiatan Rutin Bulanan Seorang Blogger

Tetapi, bagi seorang blogger yang sudah profesional di dunia blogging pastilah mereka memiliki agenda kegiatan yang rutin dilakukan, baik itu setiap hari, minggu, bulan maupun tahun. Setidaknya orang yang ngeblog dan meaplikasikan ilmu seo didalamnya pastilah memiliki target yang mesti mereka capai dalam waktu tertentu.

Meskipun saya hanyalah seorang blogger pemula dan belum bisa disebut sebagai blogger profesional, tapi saya telah menetapkan kegiatan minimal sebulan sekali yang harus saya lakukan untuk memelihara blog yang saya kelola. Kegiatan ini saya lakukan di akhir bulan, pada awalnya ini memang berat tetapi karena sudah terbiasa jadinya biasa-biasa aja. *sombong*

Baca juga: Tips Bikin Postingan Untuk Pemula

Berikut ini agenda kegiatan bulanan blog saya:


1.Backup Data Postingan dan Juga Template
Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, maka saya pun menerapkan prinsip ini dalam kegiatan bloggging saya, untuk berjaga-jaga saya melakukan backup data potingan maupun template blog saya secara berkala dan berkelanjutan setiap bulannya.

Jadi jika suatu saat blog kita dihapus oleh Google, kita masih bisa memulai ngeblog lagi dengan mengunakan data cadangan yang sudah kita simpan di komputer atau laptop kita. Apalagi jika intensitas update blog kita cukup tinggi misalnya rutin posting setiap hari, maka backup data pun harus kita tingkatkan lagi frekuensinya.

2.Cek Broken Link
Ini juga kegiatan yang saya rekomendasikan untuk anda lakukan secara berkala, karena jika ada link yang rusak (broken link) dan kita biarkan maka pengaruhnya akan buruk pada seo kita. Apabila kita menemukan banyak broken link sebaiknya kita segera menghapusnya, yang biasanya broken link ini terdapat pada kolom komentar.

3.Periksa Kesehatan Blog di Google Webmaster
kegiatan ini juga sangat dianjurkan di webmaster segala hal kegiatan mesin pencari pada blog kita dilaporkan dengan lengkap, anda bisa melakukannya dengan masuk ke akun webmaster anda.

4.Cek Perkembangan Blog
Untuk yang satu ini ada banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai bahan refeksi pada diri sendri. Apa saja yang sudah kita lakukan sebulan ini, dan bagaimana hasilnya, lalu seberapa besar peningkatan pengunjung yang kita dapatkan dll.

Begitulah kira-kira gambaran yang saya lakukan setiap bulannya untuk memelihara blog ini, kalau anda apa saja yang anda lakukan untuk blog anda setiap bulannya pada blog anda? Silahkan tulis di kolom komentar ya...

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan sesuai topik.

Popular Posts

Blog Archive

My Friends