Berbagi ilmu seputar dunia blogging, seo dan bisnis online

Thursday

Menulis Hobi yang Menghasilkan Uang?

Menulis Hobi yang Menghasilkan Uang? - Bagi pemula ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Ketika kegiatan menulis bisa mengundang pundi-pundi rupiah/dolar datang dengan sendirinya. Hal itu tentulah tidak salah karena memang sebagian orang telah membuktikannya. Hal ini membuat buku dan artikel-artikel yang membahas bagaimana cara mendatangkan uang dari kegiatan menulis begitu diminati.

Jika anda sekarang juga sedang memiliki ketertarikan untuk terjun kedunia tulis-menulis, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini yang memang telah terbukti bisa menghasilkan uang hanya dari hobi menulis.

1.Menulis di Media Cetak
Menjadi penulis di media cetak misalnya, koran, majalah, tabloid dll. Bisa menjadi sumber penghasilan anda. Topik yang anda pilih bisa cerpen, opini, ataupun puisi. Namun, tentu bukanlah perkara yang mudah jika kita ingin tulisan kita sampai di muat di media cetak, apalagi jika anda masih pemula dan perlu banyak pengalaman.

Untuk menulis opini anda harus bisa bersaing dengan mereka yang lebih senior, dan memiliki nama di media tersebut. Kalau anda seorang mahasiswa anda bisa memilih rubrik khusus, yang biasanya disediakan kolom khusus oleh beberapa koran. Sementara cerpen biasanya ditemukan pada koran di hari minggu. Untuk tabloid biasanya terbit seminggu sekali, sedangkan majalah sebulan sekali. Untuk honor sendiri biasanya berbeda beda.

Jika anda tertarik untuk menjadi penulis di media cetak, maka anda harus rajin membaca dan mempelajari gaya tulisan media bersangkutan.

2.Menulis Buku
Untuk bisa menulis buku waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama lagi, jika dibandingkan dengan menulis cerpen atau pun artikel. Menulis buku bisa dalam bentuk karya ilmiah ataupun fiksi. Bukan hanya proses penulisannya saja yang lama tetapi, juga untuk menunggu sampai karya anda diterbitkan juga bisanya cukup lama, kecuali kalau anda mau menerbitkannya secara indie atau dengan modal sendiri.

Semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jika melalui penerbit mayor anda akan membutuhkan waktu lama sebelum anda akan mengetahui apakah karya anda akan diterbitkan ataupun tidak. Kelebihannya adalah anda tidak perlu pusing dengan pengeditan, desain cover, dan juga pemasarannya.

Sementara jika anda mencetak sendiri (indie) maka anda tidak perlu melewati penantian panjang, kerena buku anda sudah pasti akan diterbitkan. Namun proses editng, desain, juga marketing semuanya harus anda sendiri yang urus. Jika anda pandai dalam memasarkan karya anda tersebut maka modal awal anda akan segera kembali dengan cepat.

3.Menulis Konten
Profesi penulis yang satu ini memang tidaklah sepopuler penulis artikel dan dan penulis buku. Tetapi sebenarnya orang yang menekuni propesi ini sudah banyak, namun memang mungkin namanya tidak banyak tercantum tetapi, karya mereka mungkin pernah anda baca yang tersebar di dunia maya.

Baca juga : cara bikin blog di cintai pengunjung

Hasil yang diberikan dari menulis artikel seperti ini mungkin tidak akan sebesar jika kita menjadi penulis di media masa ataupun menjadi penulis buku, tetapi profesi ini juga tetap bisa memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Bila anda menginginkan karya tulisan anda bisa menghasilkan uang untuk anda, tentu hal ini butuh proses, usaha, kerja keras, dan kesabaran. Seperti halnya pekerjaan yang lain. Kuncinya adalah teruslah menulis agar anda menjadi semakin terlatih untuk menghasilkan tulisan yang baik. Menulis bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja, saat anda memiliki kesempatan.

Anda bisa mencoba menulis artikel yang kemudian diterbitkan di blog anda sendiri, blog orang lain, ataupun mencoba menulis buku. Dan jika suatu saat tulisan anda bisa memberikan penghasilan, maka itu adalah hadiah atas kerja keras dan ketekunan ada selama ini.

Demikianlah artikel Menulis Hobi yang Menghasilkan Uang? semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber: http://syahmardiyacob.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan sesuai topik.

Blog Archive

My Friends